November 28, 2020
membangun keluarga sehat

Tips Penting: Membangun Keluarga Sehat di Rumah

Membangun keluarga sehat merupakan sebuah proses yang dijalankan setahap demi setahap. Dimulai dari hal kecil dan fundamental, hal-hal baik yang dilakukan lama-lama akan menjadi kebiasaan. Memang tidak mudah untuk membangun keluarga seperti ini. Meski demikian, selalu ada cara untuk mencapai tujuan baik.

Baca Juga: Apakah Social Distancing Diperlukan Bagi Keluarga Sehat? Ini Jawabannya

1. Menjaga Keluarga Sehat dengan Makanan Berkualitas

menu makanan sehat
Sumber: pexels.com

Tubuh membutuhkan asupan makanan bergizi setiap harinya. Kebutuhan ini harus dipenuhi, terlebih pada anak-anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan.

Untuk membantu menjaga keluarga sehat, asupan nutrisi harian dapat dipenuhi dengan selalu menyediakan menu makanan sehat. Tidak cukup hanya dengan menyediakan sumber karbohidrat dan lauk saja, sayur dan buah juga harus tersedia.

Selain menyediakan menu makanan bergizi, camilan juga harus sama bernutrisinya. Camilan seperti buah-buahan dan olahan makanan sehat lain juga perlu disediakan. Hal ini dapat mencegah kebiasaan ngemil yang tidak sehat.

Menu makanan sebaiknya juga dibuat beragam dan berbeda setiap harinya. Dengan cara ini, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga menjadi lebih bervariasi.

2. Bangun Kebiasaan Menjaga Kebersihan

jaga kebersihan
Sumber: pexels.com

Keluarga sehat tidak mungkin terwujud dalam lingkungan yang kotor. Seperti yang diketahui, tempat kotor adalah tempat yang sangat disukai oleh kuman penyakit. Di tempat-tempat seperti inilah kuman tumbuh subur. Jika lingkungan tempat tinggal, khususnya rumah tidak terjaga kebersihannya, risiko terserang penyakit akan semakin tinggi.

Kebiasaan menjaga kebersihan harus dibangun sejak dini. Setiap anggota keluarga harus berkontribusi dalam hal ini. Dimulai dari menjaga kebersihan diri dan rumah, risiko terserang penyakit akan semakin rendah.

3. Aktif Bergerak dan Berolahraga

olahraga rutin
Sumber: pexels.com

Aktivitas fisik sangat baik untuk membantu menjaga kondisi kesehatan. Melalui aktivitas fisik, racun dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat. Lemak berlebih juga dapat dibakar.

Hal senada juga terjadi saat melakukan olahraga. Dalam beberapa jenis olahraga, bukan hanya fisik saja yang dilatih. Jantung juga ikut dilatih agar lebih kuat. Kebiasaan rutin berolahraga ini sebaiknya dibangun dalam keluarga sejak dini. Dengan demikian, tujuan untuk mewujudkan keluarga sehat benar-benar dapat terwujud.

4. Cek Kesehatan secara Berkala

rutin cek kesehatan
Sumber: pexels.com

Membangun keluarga sehat harus dilakukan secara menyeluruh. Selain menerapkan gaya hidup sehat dengan selalu menyediakan makanan bernutrisi, menjaga kebersihan dan aktif bergerak, cek kesehatan juga harus dilakukan secara berkala.

Cek kesehatan merupakan cara untuk memastikan bahwa kondisi tubuh tetap terjaga. Melalui cek kesehatan, gejala penyakit berbahaya dapat diidentifikasi lebih dini. Langkah antisipasi sebelum penyakit tersebut berkembang menjadi lebih serius bisa dilakukan berawal dari sini.

5. Penuhi Kebutuhan Istirahat

tidur cukup
Sumber: pexels.com

Manusia butuh istirahat yang cukup, khususnya dalam bentuk tidur di waktu malam. Selama tidur, tubuh tidak hanya beristirahat. Tubuh juga melakukan serangkaian proses “perawatan” organ-organ yang ada di dalam tubuh.

Tidur ini pun tidak boleh terlalu larut malam. Proses “perawatan” organ tubuh di atas berlangsung mulai pukul 22.00. Karena itu, jam tidur sebaiknya tidak lebih dari itu. Kebiasaan seperti ini harus dibangun dalam keluarga. Selain tidur tidak larut malam, durasi tidur juga harus terpenuhi.

Membangun keluarga sehat di rumah harus dilakukan secara menyeluruh dan utuh. Selain menerapkan kelima tips di atas, kebiasaan untuk menghindari segala hal yang dapat mengganggu kondisi kesehatan juga harus dilakukan.

Kebiasaan seperti merokok, minum minuman beralkohol hingga mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat harus dijauhi. Minuman bersoda, makanan manis dan mengandung MSG, semua itu harus dikurangi. Demi keluarga sehat, pastikan juga untuk pro KB, ASI dan vaksinasi.

Referensi:

‘Yuk Bersama Membangun Keluarga Sehat’. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3629490/yuk-bersama-membangun-keluarga-sehat. Diakses 2 Mei 2020.

‘Ingin Membangun Keluarga Sehat, Awali dengan Langkah Ini ‘. https://cantik.tempo.co/read/780326/ingin-membangun-keluarga-sehat-awali-dengan-langkah-ini/full&view=ok. Diakses 2 Mei 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *