November 28, 2020
Tips Menyusun Menu Makanan untuk Keluarga Sehat

Tips Menyusun Menu Makanan untuk Keluarga Sehat

Kunci menjaga kesehatan keluarga bukan terletak pada persediaan obat yang berlimpah atau akses ke fasilitas kesehatan terbaik. Justru sebaliknya, keluarga sehat lahir dari gaya hidup sehat yang diterapkan dalam kesehariannya. Menjaga asupan makanan adalah salah satunya.

Menu makanan sehat memiliki andil besar dalam menjaga kesehatan keluarga. Kandungan nutrisi di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan dan sistem imun tubuh agar mampu memerangi penyakit berbahaya. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, keluarga sehat juga harus tahu bagaimana menyusun menu makanan sehat untuk keluarga.

1. Selalu Perhatikan Kandungan Nutrisi dalam Makanan

menu keluarga sehat
Source: pexels.com

Sebenarnya Anda tidak harus selalu menghitung kandungan nutrisi dalam setiap makanan yang akan disajikan. Jika memang mampu melakukannya, tentu akan jauh lebih baik. Namun jika hal tersebut dirasa terlalu menyulitkan, Anda cukup memastikan apakah menu harian sudah mengandung cukup karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Karbohidrat dapat diperoleh dari nasi, protein bisa didapatkan dari tempe, telur, ayam atau ikan sedangkan lemak bisa diperoleh dari daging atau minyak yang digunakan untuk menggoreng. Untuk vitamin dan mineral, Anda bisa mendapatkannya dari sayur dan buah.

Baca Juga: Tips Menjaga Pola Makan Agar Keluarga Tetap Sehat

2. Variasi Makanan Demi Gizi Seimbang

makanan keluarga sehat
Source: pexels.com

Variasi makanan bukan hanya bisa membantu mengatasi rasa bosan pada menu yang itu-itu saja. Menu makanan yang bervariasi juga membantu keluarga sehat untuk mendapatkan nutrisi yang lebih lengkap.

Menu harian setidaknya harus terdiri dari sumber karbohidrat, lauk, sayur dan buah. Jika dirasa masih kurang, susu juga bisa ditambahkan. Meski demikian, sesuaikan juga dengan kebutuhan keluarga. Jangan terlalu banyak variasi makanan agar tidak ada makanan yang terbuang.

3. Cermati Porsi Menu Makanan Keluarga Sehat

menu keluarga sehat
Source: pexels.com

Masyarakat Indonesia umumnya masih terpaku pada makanan yang mengenyangkan. Demi mengejar rasa kenyang, karbohidrat pun diprioritaskan. Karbohidrat berlebih jelas tidak bagus untuk kesehatan. Selain itu, kandungan kalorinya yang cukup tinggi juga berpotensi memicu obesitas.

Porsi makanan harus diperhatikan dalam merancang menu makanan. Jangan hanya fokus pada sumber energi. Perhatikan juga porsi protein, vitamin dan mineral dalam makanan.

Sebagai gambaran, porsi sayuran idealnya sama dengan porsi makanan pokok atau nasi. Sedangkan untuk lauk dan buah, porsi keduanya kira-kira ¼ dari porsi makanan pokok.

4. Sediakan Camilan Sehat

makanan keluarga sehat
Source: pexels.com

Menu makanan idealnya tidak hanya terdiri dari makanan berat. Camilan juga harus disusun dalam menu makanan harian. Meski demikian, bukan berarti semua jenis camilan bisa dimasukkan ke dalam menu makanan sehat. Keluarga sehat juga harus memastikan bahwa camilan tersebut juga baik untuk tubuh.

Camilan yang baik untuk kesehatan adalah camilan yang rendah garam dan rendah gula. Akan lebih baik lagi kalau camilan tersebut bisa dikonsumsi dalam kondisi segar atau diproses seminimal mungkin. Buah-buahan segar adalah salah satu contoh camilan ideal. Selain itu, kacang-kacangan juga bisa dijadikan camilan sehat.

5. Diskusikan Menu Makanan dengan Keluarga

keluarga sehat
Source: pexels.com

Untuk mendapatkan menu makanan yang sesuai selera keluarga sehat, ada baiknya untuk mendiskusikan hal tersebut dengan keluarga. Tanyakan makanan apa yang diinginkan oleh anggota keluarga yang lain. Dari sini Anda bisa mengetahui makanan apa saja yang nantinya bisa dimasukkan ke dalam menu harian.

Menu makanan sehat merupakan acuan untuk menentukan menu apa saja yang akan disajikan kepada keluarga sehat. Dengan memiliki menu makanan sehat di tiap minggunya, Anda bisa memastikan keluarga selalu mendapatkan asupan makanan sehat setiap harinya. Karena itu, menu makanan tersebut sebaiknya dibuat seideal mungkin dengan tetap mempertimbangkan anggaran yang tersedia.

Referensi:

‘Menyusun Menu Sehat Keluarga ‘ – ‘https://id.theasianparent.com/menyusun-menu-sehat-keluarga’

‘Cara Menghitung Berapa Porsi Makan yang Ideal untuk Anda’ – ‘https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/menghitung-porsi-makan-ideal-dewasa/’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *