November 28, 2020
keluarga sehat

Apakah Social Distancing Diperlukan Bagi Keluarga Sehat? Ini Jawabannya

Sejak virus Covid-19 merebak di Indonesia, kebijakan social distancing semakin digalakkan. Masyarakat dihimbau agar tidak sering keluar rumah dan menjauhi kerumunan. Bukan hanya untuk mereka yang rentan saja, himbauan tersebut juga berlaku untuk mereka yang sehat. Namun kenapa keluarga sehat juga perlu menerapkan social distancing?

1. Agar Keluarga Sehat Terhindar dari Paparan Virus Covid-19

menggunakan masker
Sumber: pexels.com

Tujuan utama penerapan social distancing adalah untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Seperti yang diketahui, virus corona ini sangat mudah menyebar. Dengan berada di dalam rumah, risiko terinfeksi virus menjadi jauh lebih rendah.

Bagi mereka yang masuk kelompok rentan, social distancing bisa menjauhkan dari risiko terburuk. Bukan hanya orang lanjut usia, siapa pun yang memiliki riwayat penyakit serius seperti diabetes, hipertensi hingga penyakit paru-paru juga bisa terhindar dari skenario terburuk virus covid-19.

Baca Juga: Tips Menjaga Pola Makan Agar Keluarga Tetap Sehat

2. Menekan Risiko Penyebaran Virus di Keluarga Sehat

menekan penyebaran virus dengan masker
Sumber: pexels.com

Tidak semua orang yang terinfeksi virus covid-19 menunjukkan gejala. Dalam banyak kasus, virus ini justru menyebar dari orang tanpa gejala (OTG).

Keluarga sehat mungkin tidak menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan seperti demam hingga mengalami gangguan pernafasan. Akan tetapi, tidak ada jaminan bahwa tidak ada virus covid-19 yang bersemayam di dalam tubuh, terlebih bagi mereka yang tinggal di zona merah corona.

Hingga saat ini, orang yang terinfeksi virus corona terus bertambah. Cakupan wilayahnya juga semakin luas. Jadi dengan tetap berada di dalam rumah, risiko menyebarkan virus berbahaya menjadi lebih kecil.

3. Kesempatan untuk Memastikan Kesehatan Keluarga

memastikan kesehatan keluarga
Sumber: pexels.com

Kesibukan di tempat kerja sering kali membuat perhatian terpecah antara pekerjaan dan keluarga. Namun selama social distancing, ada lebih banyak waktu yang dimiliki untuk memastikan kondisi kesehatan keluarga.

Keluarga sehat mungkin sudah memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang baik. Meski demikian, bukan berarti tidak ada hal yang perlu diperbaiki lagi. Di samping itu, menjaga kesehatan keluarga adalah hal yang harus dilakukan secara berkelanjutan.

4. Terhindar dari Polusi

polusi udara
Sumber: pexels.com

Selama masa social distancing, volume kendaraan yang beroperasi menurun drastis. Bukan hanya kendaraan pribadi, transportasi umum juga banyak yang tidak beroperasi. Hal tersebut membuat polusi menurun dan kualitas udara menjadi jauh lebih baik.

Paparan polusi ini pun semakin menipis saat berada di dalam rumah. Kualitas udara di dalam rumah cenderung lebih baik dibandingkan udara di luar. Ancaman seperti gangguan pernafasan hingga masalah kulit yang lahir dari polusi juga semakin kecil.

5. Mendapat Momen Berkualitas Bersama Keluarga

momen berkualitas bersama keluarga sehat
Sumber: pexels.com

Kesehatan keluarga tidak hanya dilihat dari kesehatan fisik semata. Keluarga sehat juga memiliki hubungan yang baik antar anggotanya. Hubungan baik inilah yang umumnya sulit dijaga selama bekerja di kantor.

Social distancing bisa menjadi kesempatan bagus untuk menciptakan momen berkualitas bersama dengan keluarga. Momen yang sebelumnya sulit diperoleh di sela-sela kesibukan kerja kini terbuka lebar. Waktu yang tersedia untuk dihabiskan bersama keluarga juga lebih banyak.

Melakukan aktivitas bersama keluarga juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan mental selama masa social distancing. Mental yang sehat berpengaruh besar pada sistem imun. Hasilnya, tubuh menjadi lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Social distancing memang membatasi pergerakan dan interaksi manusia dalam beberapa hal. Meski demikian, sisi lain dari kebijakan menjaga jarak juga tidak dapat diabaikan. Manfaat yang tersembunyi di baliknya juga tidak sedikit. Selain itu, masa-masa social distancing juga dapat dimanfaatkan untuk memperdalam hubungan antar anggota keluarga dan membawa keluarga sehat ke tahap berikutnya.

Referensi:

‘Pentingnya Menerapkan Social Distancing Demi Mencegah COVID-19’. https://www.alodokter.com/pentingnya-menerapkan-social-distancing-demi-mencegah-covid-19. Diakses 2 Mei 2020.

‘8 Manfaat Social Distancing: Kurangi Penyebaran Corona Covid-19 Hingga Perbaiki Keuangan.’ https://www.liputan6.com/bola/read/4218360/8-manfaat-social-distancing-kurangi-penyebaran-corona-covid-19-hingga-perbaiki-keuangan. Diakses 2 Mei 2020

‘Memutus Rantai Penyebaran Corona, Ini Manfaat Lain Social Distancing’. https://www.mooimom.id/mamapedia/gaya-hidup/memutus-rantai-penyebaran-corona-ini-manfaat-lain-social-distancing. Diakses 2 Mei 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *